Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

RENUNGAN MINGGU Paskah VII - Kis 1:12-14; 1Ptr 4:13-16; Yoh 17:1-11a

RENUNGAN MINGGU Paskah VII (Minggu 5 Juni 2011)
Kis 1:12-14; 1Ptr 4:13-16; Yoh 17:1-11a

"Doa adalah nafas iman"

RENUNGAN:

“Ini adalah mama, mama lagi di kantor polisi karena ada urusan penting. Mama kehabisan uang dan pulsa, tolong kirimkan segera pulsa Rp. 20.000. Kirim ke no .... karena ini hp orang lain, mama pinjam.”

Bunyi sms ini pasti pernah kita terima, dan kita tidak tahu siapa pengirimnya. Saya teringat pada bunyi sms ini yang juga pernah saya terima, dan mengangkatnya pada hari minggu komunikasi ke 45 ini. Jelas bahwa sms ini adalah salah satu bentuk penipuan yang marak dilakukan lewa sms atau lewat telekomunikasi.

HP atau alat komunikasi yang seharusnya membantu manusia dalam berkomunikasi terutama dengan orang lain yang berada di tempat jauh, tetapi malah kerap disalah gunakan untuk melakukan kejahatan atau penipuan. Masih banyak bentuk lain yang dilakukan orang dengan menggunakan alat komunikasi. Bahkan seringkali iklan-iklan maupun sinetron, tanpa kita sadari seringkali meracuni hidup kita.

Dalam pesan Puas pada Hari Minggu Komunikasi ke 45 ini, beliau menekankan bawah kemajuan tehknologi atau dunia telekomunikasi patut kita syukuri dan kita pergunakan dengan sebaik-baiknya, karena dapat membatu kita untuk mengetahui apa yang jauh dari kita dan kita dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada jauh dari kita. Namun beliau menekankan bahwa semuanya itu hanya salah satu cara yang harus membantu kita dalam berkomunikasi dengan sesama, bukan menjadi tujuan utama. Sebab bagaimanapun kehadiran kita secara pribadi bagi sesama itu jauh lebih penting dibanding dengan kehadiran lewat tehknologi. Demikian juga komunikasi secara langsung juga jauh lebih penting dibanding dengan telepon atau sms belaka. Janganlah pada akhirnya justru tehknologi itu malah menjauhkan kita dari sesama atau orang lain.

Paus juga menekankan agar alat komunikasi kita gunakan dengan jujur. Sebab pada kenyataannya, banyak orang menyalahgunakan telekomunikasi dengan tidak jujur, yakni malah dipergunakan untuk tindak kejahatan dan bahkan penipuan. Bahkan tidak jarang terjadi HP malah digunakan untuk selingkuh yang tentunya merusak keluarga dan kehidupan manusia.
Intinya, Paus mengingatkan kita agar kemajuan alat telekomunikasi kita gunakan sebaik-baiknya bahkan sangat baik juga bila digunakan sebagai sarana pewartaan iman.

Namun pada kenyataannya, kita seringkali menyalahgunakannya. Telekomunikasi yang seharusnya membantu kita dalam berkomunikasi dengan sesama, membantu kita untuk semakin dekat dengan orang lain, malah semakin menjauhkan kita dari sesama kita.

Dalam kehidupan kita, kita membutuhkan komunikasi dan telekomunikasi membantu kita untuk berkomunikasi dengan sesama kita. Namun kita juga tidak boleh lupa bahwa kita juga hendaknya menjalin komunikasi dengan Tuhan Allah sendiri. Alat komunikasi kita dengan Tuhan adalah dengan doa. Doa harus merupakan nafas iman. Dalam doa kita menjalin komunikasi dengan Tuhan Allah sendiri. Hal inilah yang diajarkan oleh Yesus lewat Injil hari ini. Yesus berkomunikasi atau berdoa kepada Allah Bapa bagi para murid-murid-Nya. Demikian juga para jemaat perdana bertekun dalam komunikasi atau dalam doa. Doa merupakan nafas hidup kristiani, nafas hidup kita.

Doa kita kepada Allah itu semakin mendekatkan kita dengan Allah sendiri. Demikian juga halnya, doa-doa kita juga hendaknya semakin mendekatkan kita dengan sesama. Sebab sebagaimana Yesus berdoa bagi para murid, demikian juga doa-doa kita juga hendaknya juga terarah kepada sesama kita, bukan hanya untuk diri sendiri. Doa-doa yang juga terarah bagi sesama, tentu mau tidak mau juga mengarahkan diri kita untuk semakin dekat dengan sesama dan hadir bagi sesama kita.

Pada perayaan hari ini, kita diingatkan pentingnya berkomunikasi dengan sesama, pentingnya alat komunikasi itu. Juga lebih penting lagi, agar kita menjalin komunikasi dengan Allah dan sesema. Alat untuk berkomunikasi dengan Allah adalah lewat hidup doa. Komunikasi dengan Allah juga terarah kepada komunikasi kita dengan sesama kita. Kalau dalam komunikasi dengan sesama dengan menggunakan tehknologi komunikasi, kita membutuhkan pulsa ataupun tergantung pada signal, tetapi komunikasi kita dengan Allah tidak dibatasi oleh pulsa maupun signal. Kita bebas berkomunikasi dengan Allah sampai berapa lama yang kita mau, kapanpun dan di manapun. Namun kenyataannya, kita kurang menjalin komunikasi dengan Tuhan. Waktu kita lebih banyak habis dengan menggunakan dunia tehknologi komunikasi dan malah itu menjauhkan kita dari Tuhan dan sesama kita. Maka semoga dengan perayaan hari ini, kita diingatkan agar menggunakan kemajuan tehknologi telekomunikasi sebagai alat untuk membantu kita semakin dekat dengan sesama, bukan malah semakin menjauhkan kita dari sesama dan terutama Tuhan. Telekomunikasi juga hendaknya kita gunakan untuk mewartakan Kerajaan Allah. Lebih dari itu, kita hendaknya tidak lupa setiap saat menjalin komunikasi dengan Tuhan lewat-lewat doa-doa pribadi maupun doa bersama. Amin.

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)