Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

KEUSKUPAN AGUNG MEDAN PROPOSAL PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK STASI SANTO PETRUS RANTE BESI PAROKI MARIA dari GUNUNG KARMEL TIGALINGGA Jln. Kota Bunga No.

KEUSKUPAN AGUNG MEDAN
PROPOSAL PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK
STASI SANTO PETRUS RANTE BESI
PAROKI MARIA dari GUNUNG KARMEL TIGALINGGA
Jln. Kota Bunga No. 16, Tiga Lingga 22252, Tlp. 0627-7436116



PENGANTAR:
Kepada Yth: Bapak, Ibu dan Saudara-saudari yang kami hormati dan dikasihi Yesus Kristus di manapun berada.

SALAM DAMAI YESUS KRISTUS

Di stasi Rante Besi sudah berdiri gedung Gereja stasi sejak tahun 1967. Namun kiranya gedung Gereja sekarang sudah kurang memadai sebab:


1. Gedung gereja yang sekarang sudah dimakan usia sehingga beberapa dinding Gereja
sudah mulai rapuh dan retak apalagi setelah kena dampak getaran gempa di Aceh dan Nias, juga daya tampung gedung gereja yang sekarang tidak lagi cukup menampung umat ketika beribadah.


2. Gedung gereja yang sekarang sudah kurang mendukung untuk pengembangan hidup iman.
Kami rindu mempunyai gedung Gereja yang lebih layak, sehingga semakin mendukung perkembangan iman umat. Oleh karena itulah, sudah sejak tahun 2005 kami merencanakan pembangunan Gereja dengan membentuk panitia pembangunan dan penggalangan dana partisipasi dari umat. Hingga akhir tahun 2010 kami belum berani memulai pembangunan sebab kami sadar akan kemampuan ekonomi kami. Namun sejak tahun 2011 kami berencana memulai pembangunan Gereja pada bulan Oktober 2011, bukan karena dana sudah cukup, tetapi sudah saatnya gedung Gereja baru dibangun demi perkembangan iman umat. Kami berani memulai karena selain kami berusaha, juga terutama hanya berharap dan percaya bahwa Tuhan pasti berkenan membantu lewat para Saudara, bapak, ibu dan umat Allah khusus umat katolik di manapun berada yang rela berbagi berkat sukacita dari Allah dengan mendoakan, mendukung dan terutama mau menyumbang kami. Kami hanya memohon dan berharap pada pertolongan Tuhan.


Maka, Bapak / Ibu / Saudara-saudari umat Allah, khususnya Saudara-saudari se iman dalam Gereja Katolik di manapun berada, berkenanlah kiranya berbagi berkat Tuhan dengan kami dengan memberi sumbangan dana untuk pembangunan Gereja, rumah Tuhan ini. Kami memohon dan sangat mengharapkan uluran kasih dari semua para Saudara. Berapapun pemberian Bapak / Ibu / Saudara-saudari itu adalah sukacita dan berkat Allah bagi kami. Kami berdoa semoga Tuhan membalas semua kebaikan para Saudara dengan melimpahkan berkat-Nya.


Bila Bapak / Ibu / Saudara-saudari berkenan berbagi berkat Tuhan dengan kami dengan memberi sumbangan, sumbangan dapat disalurkan lewat:


BRI UNIT TIGALINGGA
NO. : 5379-01-002408-53-1
NAMA : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA RK ST. PETRUS


Demikianlah kiranya alasan kami membangun gedung Gereja stasi Santo Petrus Rante Besi. Atas doa, dukungan, kemurahan hati, kerelaan dan kebaikan Pastor/Suster/ Bapak / Ibu / Saudara-saudari, para donatur dan semua pihak yang berperan serta atas kelancaran pelaksanaan pembangunan ini, kami mengucapkan banyak terima kasih. Tuhan Yesus Kristus melimpahkan berkat-Nya kepada para Saudara semua dan merestui rencana kami ini lewat para Saudara.


Salam dan doa dari kami.

Salam dan doa dari kami.




RATA TARIGAN AMIN ANTONIUS SITEPU ELISON UJUNG
Ketua I Panitia Sekretaris IBendahara I


Mengetahui dan Turut Memohon Bantuan:




SAMUEL GINTING JANSEN GINTING BONAR SIANTURI
Ketua Dewan Stasi Ketua DPPH Sekretaris DPPH


P. ANTONIUS MANIK O.CARM


Pastor Paroki




I. Latar Belakang dan Sejarah Singkat Gereja Katolik Stasi Santo Petrus Rante Besi


Pada tahun 1965 Gereja Katolik masuk ke wilayah Rante Besi. Pastor perintis masuknya Gereja Katolik ke wilayah Rante Besis adalah Pastor Kahmadi O.Carm. Tokoh Gereja pertama adalah Katadis Sinuraya, Jangena Pinem dan Ngena Ginting. Pada tahun 1967 diadakan Permandian massal oleh Pastor Lisi Kleopas OFM.Cap dari Kabanjahe karena Pastor Kahmadi mengalami kecelakaan lalu lintas menjelang tanggal yang sudah ditetapkan. Pada saat itu Gereja Katolik Rante Besi beranggotakan 40 KK.


Usai penerimaan Sakramen Baptis, diadakan pemilihan Vorhanger dan Katadis Sinuraya terpilih menjadi Vorhanger. Tempat Ibadat sementara di rumah Bapak Jumpangena Tarigan. Pada tahun 1968 mulailah dibangun Gereja darurat melalui swadaya umat. Tapak dibeli seluas sepertiga hektar dengan harga 50 Kaleng Padi dengan ketentuan umat dikenakan 1 kaleng/KK. Ukuran gereja yang dibangun 6X8 dengan bahan-bahan dari kayu dan atap lalang. Gereja didirikan dengan bergotong royong. Baru pada tahun 1978 gereja didirikan secara permanen dengan memakai batako ukuran 6x8. Dan bangunan itu bertahan sampai sekarang.


Jumlah umat saat ini adalah 70kk. Kapasitas gereja tidak memadai dan kurang layak dipakai maka umat berkeinginan untuk membangun gedung gereja yang baru, lebih luas dari yang sekarang dan lebih layak. Rencana ini sudah dimulai sejak tahun 2005 dan bahkan panitia juga pada saat itu sudah dibentuk. Panitia yang telah dibentuk tahun 2005 itu, bertugas untuk mempersiapkan pembangunan yang dalam hal ini menggalan dana partisipasi dari umat. Pembangunan belum dapat dilaksanakan mengingat kesulitan sehubungan dengan dana. Baru pada tahun 2011 ini, stasi dan panitia memberanikan diri untuk secara resmi memulai pembangunan Gereja.


II. URAIAN PEMBANGUNAN
2.1. Latar Belakang: Melihat dan memperhatikan keadaan gereja yang sekarang tidak layaklagi untuk digunakan untuk beribadat karena sudah dalam keadaan rusak, dan juga karena sudah terlalu kecil sehingga tidak lagi dapat menampung jumlah umat yang ada sekarang ini untuk beribadat di dalamnya maka kami seluruh umat Stasi Rante Besi yang didukung oleh Pastor Paroki dan Dewan Pastoral Paroki sepakat untuk membangun gereja yang baru menggantikan gereja yang ada sekarang ini. Rencana ini memang sudah lama dipikirkan dan direncanakan yakni sejak tahun 2005, namum baru kali ini (tahun ini) kami berani untuk melaksanakannya.
2.2. Tujuan Proyek : Proyek ini bertujuan untuk memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi umat ketika sedang menjalankan ibadat. Disamping itu juga untuk menyadarkan umat akan hak dan tanggungjawabnya sebagai pemilik gereja, sehingga diharapkan seluruh umat berpartisipasi aktif baik secara moral maupun material. Partisipasi tersebut adalah juga merupakan upaya peningkatan kehidupan rohani dan tidak lupa dengan pengadaan dana bangunan.
2.3. . Cara Kerja : Proyek ini melibatkan seluruh umat stasi terutama dalam hal pendanaan maupun gotong royong, termasuk mengupayakan makan tukang selama pengerjaan, juga melibatkan Rayon. Pembangunan dilakukan secara bertahap:
Tahap I : Penataan Lolasi Banungan, Pengerjaan Fondasi.
Tahap II : Pengerjaan tiang dan dinding
Tahap III : Pengerjaan Atap.
Tahap IV : Pengerjaan bagian dalam (Lantai, Plafon dll.)
Tahap V : Finishing.
Namun karena melihat keterbatasan umat kami mengajukan permohonan bantuan ke-Keuskupan maupun sumbangan para donateur.
2.4. Rencana Pembangunan

2.4.1. Rencanaa. Jenis Bangunan : Rehap Total (Permanen dan diperbesar)
b. Luas Bangunan : Ukuran 10 x 20 m.

2.4.2. Bentuk fisik Bangunan:

a. Bentuk Bangunan bisa, pendopo depan pake bentuk rumah adat Karo.

b. Fondasi : Batu + batu padas + Pasir Uruk

c. Dinding Dinding Pas batu padas + Pas batu Bata Luar tanpa di plester.)

d. Atap 1: Seng Biasa

e. Plafon 1Gibsum/Tripleks

f. Lantai: Keramik


III. SUSUNAN PANITIA

1Pelindung 1. Uskup Agung Medan


2. Pastor Paroki Tigalingga


3. Dewan Paroki Tigalingga


4. Camat Gunung Sitember

2Penasehat 1. Dewan Rayon Tampuk Kite


2. Dewan Stasi Rante Besi

3Ketua : RATA TARIGAN
4Wakil Ketua : RISON PINEM
5Sekretaris : AMIN ANTONIUS SITEPU
6Wakil Sekretaris : MAROLOP MALAU
7Bendahara : ELISON UJUNG

8
Seksi Dana

a. Wilayah Rante Besi 11. BINARIA GINTING

b. Wilayah Barisan Mesin 2. DINA BR. TARIGAN

c. Medan 3. MATANG PINEM

d. Pekan Baru 4. MONANG PASARIBU
9Penanggungjawa di lapangan : Djoharman Silaban


IV. RENCANA ANGGARAN BIAYA:
4.1. Pandanaan


A. Partisipasi dana dari umat:

1. Tahap I :

Janda/Duda 21 KK x 400.000 Rp 8.400.000

Lenkap 49 KK x 800.000 Rp 39.200.000

Jumlah Rp. 47.600.000


2. Tahap II


Lenkap 49 KK x 400.000 Rp 39.200.000

Jumlah Rp. 47.600.000

2. Tahap II:

Janda/Duda 21 KK x 200.000 Rp 4.200.000

Lenkap 49 KK x 400.000 Rp 19.600.000


Jumlah
Rp 23.800.000


JUMLAH KESELURUHAN PARTISIPASI

1. DIHARAPKAN DARI UMAT STASI:
Rp. 71.400.000


B. Sumbangan Sukarela Umat stasi dan se-paroki.


1m kubik pasir (Rp 100.000) x 70 KK Rp. 7.000.000

Sumbangan Donatur umat Stasi Rp. 15.000.000

Bantuan KAS Stasi (Kolekte khusus Rp. 30.000.000

Sumbangan dari stasi lain separoki Rp 5.000.000

Jumlah Rp. 57.000.000


Catatan: Sumbangan sukarela umat ini, belum termasuk makan tukang dan bahan-bahan yang bisa diupayakan bersama


Yang diharapkan dari KAM
Rp 50.000.000


Jumlah Modal awal Rp 178.400.000
4.2. Biaya yang dibutuhkan:

NO JENIS KEBUTUHAN SATUAN HARGA SATUAN JUMLAH HARGA
1 Cetak Proposal

500.000

Bagian Batu dan Pasir:


2 Batu Padas 75 m 110.000 8.250.000
3 Batu Kerikil 30 m 250.000 7.250.000
4 Pasir 100 m 120.000 12.000.000
5 Batu Bata 31.000 biji 600 18.600.000

Bagian Semen dan Besi:


6 Semen 400 zak 60.000 24.000.000
7 Besi 12 x 12 SNI 180 Batang 105.000 18.900.000
8 Besi 6 x 9 130 batang 25.000 3.250.000
9 Kawat Beton 2 gulung 135.000 270.000

Bagian Kayu:


10 Kosen pintu besar dan bulat (2 daun) 3 buah 600.000 1.800.000
11 Kosen Pintu Kecil2 buah

12 Kosen pintu biasa1 buah400.000 400.000
13 Daun pintu bulat besar (2 daun pintu) 3 buah 1.000.000 3.000.000
14 Daun Pintu kecil 2 buah 500.000 1.000.000
15 Daun pintu biasa1 buah 400.000 400.000
16 Daun Pintu kecil 2 buah 500.000 1.000.000
17 Kosen Jendela (2 daun jendela) 4 buah 600.000 2.400.000
18 Kosen Jendela (1 daun jendela) 4 buah 400.000 1.600.000
19 Daun Jendela 12 buah 300.000 3.600.000
20 Kayu 9 ton 5.500.000 48.600.000

BAGIAN ATAP DAN PLAFON


21 Seng 400 lembar 50.000 20.000.000
22 Rabung seng 11 lembar 25.000275.000
23 Paku seng 15 kg 27.000405.000
24 Reng stang 2 buah 350.000700.000
25 Lat sudut 20 batang 25.000500.000
26 Baut 7 inci 120 biji 15.0001.800.000
27 Paku campur 75kg 15.0001.125.000
28Tripleks 120 lembar 70.0008.400.000

BAGIAN FINISHING:


29 Kunci-kunci dan engsel

6.000.000
30 Kabel dan Lampu-lampu

15.000.000
31Cat 10Kaleng/ @25kg 300.000
3.000.000
32 Keramik 210 kotak 60.00012.600.000
33Lonceng

30.000.000
34Meja Altar, mimbar

11.000.000
35 Salib Dinding

2.000.000
36Saound sistem / Pengeras Suara

15.000.000
37Upah tukang

75.000.000
38Transportasi

8.000.000
39JUMLAH TOTAL

375.225.000


REKAPITULASI PENDANAAN:

1Pemasukan dari partisipasi umat dan swadaya umat Rp. 128.400.000
2Dana bantuan dari Keuskupan Rp. 50.000.000

JumlahRp. 178.400.000
3Anggaran Biaya PembangunanRp. 304.035.000
4kolom 2 dari baris 1kolom 2 dari baris 1
4Maka dana yang diharapkan dari para donatur adalah Rp. 375.225.000-Rp. 178.400.000 = Rp.196.825.000

Maka dana yang diharapkan dari para donatur adalah(Seratus sembilan pulu enam juta, delapan ratus dua puluh lima ribu rupiah)


V. GAMBAR GEDUNG GEREJA YANG DIRENCANAKAN













































































































































































































































































































































































PENUTUP


Demikianlah kiranya Proposal ini kami perbuat. Kami umat Katolik Stase Santo Petrus Rante Besi, Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga-Kueksupan Agung Medan, sangat merindukan rumah Tuhan yang lebih layak dan agung tempat kami untuk memuji memuliakan Tuhan dan memohon berkat dari-Nya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan doa, dukungan dan bantuan dari Bapak/Ibu/Saudara/Saudari agar sudi kiranya berbagi berkat Tuhan kepada kami dengan memberi bantuan dana kepada kami untuk pembangunan Rumah Tuhan ini. Berapapun pemberian Bapak/Ibu/Saudara/Saudari, kami menerimanya dengan penuh suka cita, itu berupakan berkat Tuhan bagi kami. Kami berdoa agar Tuhan membalas kebaikan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari. Berkat Tuhan selalu menyertai kita semua. Amin.




Salam dan doa dari kami.


TARIGAN


AMIN ANTONIUS SITEPU


ELISON UJUNG
Ketua I Panitia Sekretaris I Bendahara I






Mengetahui dan Turut Memohon Bantuan:




SAMUEL GINTING JANSEN GINTING BONAR SIANTURI
Ketua Dewan Stasi Ketua DPPH Sekretaris DPPH


P. ANTONIUS MANIK O.CARM


Pastor Paroki

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)