Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

RENUNGAN HARIAN: Jumat 20 Januari 2012

RENUNGAN HARIAN: Jumat 20 Januari 2012
(Fabianus, Sebastianus,Angelo Paoli, Cyprianus Michael Tansi,Johannes Pembaptis dr Triquerie)
1Sam 24:3-21, Mzm 57:2,3-4,6,11, Mrk 3:13-19

BACAAN INJIL:
Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan. Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh, selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

RENUNGAN:

Kita masih ingat berita tentang pemilihan ketua KPK. Sebelum pemilihan itu, banyak calon yang mengajukan diri atau diajukan dan katanya diadakan uji kelayakan sebelum dipilih. Dari sekian orang yang menjadi calon, pasti hanya beberapa yang akhirnya dipilih. Sesudah mereka terpilih, pihak yang berwenang mengatakan bahwa yang terpilih itu, merekalah yang layak menjadi pemimpin KPK karena mereka memenuhi syarat untuk itu. Namun walaupun demikian, kita juga mendengar suara yang mengatakan bahwa mereka yang terpilih itu bukanlah yang sungguh-sungguh layak, sebab mereka dipilih karena kepentingan tertentu. Bahkan ada yang mengatakan bahwa mereka dipilih adalah orang-orang yang ‘lemah’ agar mereka tidak mengungkit persoalan besar yang pernah dan akan terjadi. Jadi intinya ada orang mengatakan bahwa pihak berwenang memilih orang-orang yang berguna kelak untuk kepentingan orang-orang atau kelompok tertentu, bukan demi tujuan dari jabatan itu sendiri.

Hari ini kita mendengar dalam injil bahwa Yesus memilih kedua belas murid yang menjadi rasul. Sebelum pemilihan itu, Yesus juga melalui proses, yakni Dia naik ke atas bukit untuk berdoa. Yesus terlebih dahulu berdoa karena tugas yang diberikan-Nya bukanlah suatu jabatan yang menjanjikan kuasa atau kekayaan tetapi melulu suatu pelayanan kepada sesama, yakni menyertai Dia dalam mewartakan Injil. Yesus juga memberikan kepada mereka kuasa untuk mendukung tugas perutusan itu. Kalau dalam pemilihan untuk tugas pemerintahan ini, seringkali tidak murni dipilih untuk tugas, tetapi disertai kepentingan kelompok tertentu, beda halnya dengan pemilihan para murid. Yesus memilih para murid, bukan untuk kepentingan Yesus, tetapi demi kepentingan dan keselamatan manusia. Yesus memilih para rasul juga bukan karena memang layak untuk menjadi rasul, dalam arti bukan karena mereka sudah mengenal dan sungguh percaya kepada Yesus adalah Tuhan, bukan pula karena mereka sudah pahak betul akan tugas itu, tetapi karena Yesus mau mempercayakan tugas itu kepada para murid dan Yesus juga mau berbagi kuasa yang ada pada-Nya untuk dibagikan kepada sesama. Para murid sendiri tentu tidak semuanya tahu mengapa mereka dipilih dan untuk apa mereka dipilih. Para murid sendiri juga belum murni untuk mengikuti Yesus, masih diliputi kepentingan pribadai. Oleh karena itulah, dari 12 rasul itu, ada seorang murid yang akhirnya gagal dan mengkhianati Yesus yakni Zudas Iskariot.

Dari 12 murid itu ada yang akhirnya berkhianat, bukan karena Yesus dalah pilih dan gagal mendidik rasul itu. Sebab Yesus dari awal mengenal yang Dia pilih, dan Yesus sendiri menghendaki keselamatan bagi semua orang, jadi bukan karena mereka sudah layak. Murid itu mengkhianati Yesus karena gagal dalam mengerti pilihan Yesus dan tugas yang diberikan padanya.

Kitapun yang telah menjadi murid Yesus atau sudah menjadi pengikuti Yesus adalah karena Yesus sendiri telah memilih kita untuk menikmati keselamatan Allah. Mungkin kita merasa bahwa kita menjadi pengikut Yesus bukan karena Yesus sendiri memilih kita seperti Dia memilih para rasul, karena mungkin kita menjadi pengikut Yesus karena mengikuti orang-orang tertentu, misalnya ikut suami, ikut istri, ikut pacara atau karena yang lain. Mungkin juga kita merasa bahwa kita menjadi pengikut Yesus adalah karena keputusan dan pilihan kita sendiri. Mungkin ada juga yang berpikir bahwa dia menjadi pengikut Yesus juga karena memang layak menjadi pengikuti Yesus. Kemungkinan itu bisa terjadi dalam diri setiap orang. Namun ingatlah bahwa kita menjadi pengikut Yesus adalah karena Yesus sendiri yang memilih kita. Yesus memilih kita menjadi pengikut-Nya, bukan karena memang kita layak, bukan karena kita pantas, bukan pula demi kepentingan Yesus, tetapi semata-mata karena Yesus ingin berbagi sukacita surgawi dengan kita bahkan Yesus mau berbagi tugas dengan kita yakni kita dipercaya untuk mewartakan kerajaan Allah bagi sesama. Jadi semata-mata adalah demi keselamatan kita dan keselamatan semua orang.

Oleh karena itu, hari ini kita diajak untuk menyadari bahwa menjadi pengikut Yesus adalah panggilan khusus dan cuma-cuma dari Tuhan sendiri, bahwa Yesus sendirilah yang memilih kita untuk keselamatan kita. Jadi bukan karena jasa-jasa kita atau bahwa kita layak. Kita juga dipilih oleh Tuhan untuk tugas mulia yakni ambil bagian dalam mewartakan kerajaan Allah. Untuk tugas mulia ini, Yesus mempercayakan Roh Kudus dalam diri kita masing-masing agar membantu kita dalam tugas itu. Semuanya dalah karena cinta kasih Yesus sendiri. Maka mari kita sadari panggilan menjadi murid dan tugas perutusan kita menjadi murid. Baiklah kita jangan sampai menjadi salah seorang murid yang gagal dalam menjadi meurid Yesus seperti Yuda Iskariot. Amin.

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)