Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

SUKACITA DAN DUKACITA ‘MENGEMIS’ UNTUK MEMBANGUN RUMAH TUHAN.

SUKACITA DAN DUKACITA ‘MENGEMIS’ 
UNTUK MEMBANGUN RUMAH TUHAN. 

“Pertama-tama perlu saya konfirmasikan bahwa saya bukan anggota umat Gereja Katolik....” inilah sepenggal balasan pesan yang saya kirimkan kepada seorang ibu lewat FB. Sebagaimana biasanya, saya mengirimkan pesan Permohonan Bantuan Dana untuk pembangunan Gereja Tigalingga, kepada orang yang memang belum saya kenal. Saya mengirimkan pesan permohonan kepada orang yang saya tahu namanya lewat FB saja. Harapan saya adalah bahwa mereka Kristiani dan katolik. 

Saya berharap bahwa karena mereka katolik, mereka mau membantu kami. Saya melakukan demikian, karena kemampuan ekonomi umat yang tidak mendukung untuk pembangunan Gereja.Dalam pembangunan ini umat memang tidak bisa memberi kontribusi dana, tetapi mereka berjuang dengan bergotong royong dan juga membantu sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Semuanya itu tentu tidak cukup, karena uang tetap dibutuhkan untuk membeli bahan bangunan dan juga gaji tukang. Kami sudah mencoba dengan meminta lewat proposal, namun sepertinya tidak menghasilkan dan pembangunan membutuhkan banyak dana.

Namun puji syukur pada Tuhan, Tuhan menunjukkan jalan lewat FB, mengemis lewat FB walaupun seringkali ada rasa risih dan malu dalam meminta lewat dunia maya. Ada rasa malu karena seorang pastor meminta-mita lewat dunia maya yang dalam hal ini FB dan semua orang pasti bisa melihat atau membacanya. Malu juga karena berteman dengan orang dengan tujuan untuk meminta bantuan doa terutama dana untuk pembangunan ini. Rasa malu karena harus banyak duduk di depan komputer, pelototin layar komputer dan keluyuran di dunia maya (FB) demi mencari dana. Namun semuanya ini dapat teratasi dengan hasil yang sudah kami rasakan, ini adalah berkat Tuhan bagi kami lewat dunia maya (FB). Oleh sebab itu, dengan dikuatkan demi memuliakan Tuhan lewat pembangunan Gereja Paroki dan juga demi iman umat paroki, kami kembali mencari dan mengirimkan permohonan bantuan pembangunan kepada beberapa orang lewat FB. Mungkin karena begitu yakin bahwa yang kami kirimi adalah umat Katolik, kami tidak memperhatikan keyakinan atau agama yang kami kirimi. 

Umumnya permohonan kami akan dibalas besok harinya dan bahkan banyak juga yang tidak membalasnya sama sekali. Seperti biasanya, keesokan harinya saya membuka FB saya melihat ada pesan. Saya buka pesan itu dengan berdebar-debar karena sadar bahwa permohonan kami pasti merepotkan, sehingga bisa saja yang kami kirimi pesan permohonan tersinggung dan jengkel. Dengan keberanian iman, saya baca pesan itu. Pesan dari seorang ibu yang saya kirimi seperti sepenggal pesan yang saya tulis di atas, namun beliau tetap dengan ramah mengatakan bahwa dia akan pertimbangkan dan akan beritahukan bila sudah membantu. Membaca pesan ini ada juga rasa malu dan juga rasa bersalah. 

Walau dengan rasa malu, saya tetap membalas pesan beliau dengan memohon maaf karena kesalahan mengirimkan pesan permohonan, kesalahan karena mengira beliau katolik dan dengan tidak lupa saya memohonkan berkat bagi beliau dan keluarganya. Inilah sepenggal sukacita yang terjadi dalam usaha membangun rumah Tuhan. Munkin pengalaman demikian tidak akan dialami oleh paroki yang ada di peroki perkotaan, yang mana ekonomi paroki dan umat sanggup untuk membangun dan bahkan memperindah gedung gereja mereka. Inilah dinamika kehidupan iman dan kehidupan paroki. 

Namun demikian, setiap orang dan juga setiap gereja paroki punya persoalan masing-masing, yang memang pasti berbeda-beda. Sehingga walau demikian, dalam hidup dan dalam karya pelayanan dituntut keyakinan pada Tuhan, penyerahan diri pada Tuhan dan berusaha sekuat hidup untuk berbuat yang terbaik sebagai ungkapan iman. Hidup dan perbuatan dalam iman, akan memberi kekuatan sehingga mencari cara untuk berkarya, memampukan untuk melihat peluang dalam memuliakan Tuhan dan juga berani mengakui kekeliruan serta dalam situasi apapun tetap menjadi berkat atau memohonkan berkat bagi orang lain. Tuhan Yesus memberkati.

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)