Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

RENUNGAN HARI BIASA: SELASA 5 NOVEMBER 2013

RENUNGAN HARI BIASA: SELASA 5 NOVEMBER 2013 
(Guido M. Conforti, Fransiskus de Campillas, Fransiska Ambosia) 
Rm. 12:5-16a; Mzm. 131:1,2,3; Luk. 14:15-24 

BACAAN INJIL: 
Suatu hari berkatalah seorang dari tamu-tamu itu kepada Yesus: "Berbahagialah orang yang akan dijamu dalam Kerajaan Allah." Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada seorang mengadakan perjamuan besar dan ia mengundang banyak orang. Menjelang perjamuan itu dimulai, ia menyuruh hambanya mengatakan kepada para undangan: Marilah, sebab segala sesuatu sudah siap. Tetapi mereka bersama-sama meminta maaf. Yang pertama berkata kepadanya: Aku telah membeli ladang dan aku harus pergi melihatnya; aku minta dimaafkan. Yang lain berkata: Aku telah membeli lima pasang lembu kebiri dan aku harus pergi mencobanya; aku minta dimaafkan. Yang lain lagi berkata: Aku baru kawin dan karena itu aku tidak dapat datang. Maka kembalilah hamba itu dan menyampaikan semuanya itu kepada tuannya. 

Lalu murkalah tuan rumah itu dan berkata kepada hambanya: Pergilah dengan segera ke segala jalan dan lorong kota dan bawalah ke mari orang-orang miskin dan orang-orang cacat dan orang-orang buta dan orang-orang lumpuh. Kemudian hamba itu melaporkan: Tuan, apa yang tuan perintahkan itu sudah dilaksanakan, tetapi sekalipun demikian masih ada tempat. Lalu kata tuan itu kepada hambanya: Pergilah ke semua jalan dan lintasan dan paksalah orang-orang, yang ada di situ, masuk, karena rumahku harus penuh. Sebab Aku berkata kepadamu: Tidak ada seorang pun dari orang-orang yang telah diundang itu akan menikmati jamuan-Ku." 

RENUNGAN : 
Menghadiri undangan perjamuan yang diadakan orang-orang kaya atau orang terpandang, tentulah sangat menyenangkan. Sebab dalam perjamuan yang demikian, kita selain akan menikmati jamuan makan yang enak, juga pasti akan merasa terhormat. Memang pada umunya menghadiri pesta , itu sangat menyenangkan. Di dalam pesta itu akan ada sukacita, bertemu dengan banyak orang dan akan menikamti perjamuan yang enak. Orang Farisi dalam injil hari ini sepertinya merasakan sukacita ketika menghadiri pesta perjamuan yang diadakan seseoarang. 

Dia sepertinya membandingkan pesta perjamuan itu dengan perjamuan surgawi. Dia merasa pesta perjamuan di dunia ini sudah sungguh menggembirakan apalagi pesta perjamuan surgawi. Sebagaimana dalam perjamuan besar, orang pasti berbahagia bila diundang ke perjamuan itu. Oleh sebab itu, orang Farisi itu berkata bahwa betapa bahagianya juga orang yang diundang pada perjamuan surgawi. Dari pernyataan orang Farisi itu, ada pemikiran bahwa yang diundang ke perjamuan surgawi adalah orang-orang tertentu. 

Menanggapi pernyataan itu Yesus dengan satu perumpamaan seorang tuan yang mengadakan pesta perjamuan. Tuan pesta itu sudah mempersiapkan segala sesuatu yang membuat pesta itu penuh sukacita. Tuan pesta itu sudah menyebarkan undangan kepada para undangan, tetapi para undangan yang ditentukan itu tidak menanggapi undangan itu dengan berbagai alasan. Tuan pemilik pesta itu tentu sangat kecewa, dia sudah menyiapkan pesta tetapi undangan tidak menanggapi undangannya. 

Pesta yang sudah dipersiapkan tentu tidak mungkin dibubarkan, oleh sebab itu, dia menyuruh hamba-hambanya untuk mengundang siapa saja yang mereka temui di jalan-jalan dan bahkan memaksa orang untuk menghadiri pesta itu. Perumpamaan ini menggambarkan bahwa perjamuan surgawi pertama-tama diperuntukkan bagi bangsa terpilih. Peruntukan untuk bangsa terpilih ini bukan berarti bahwa hanya mereka yang diundang masuk dalam kerajaan sorga. Sehingga maksudnya adalah bahwa bangsa terpilih itu menjadi contoh dan pada akhirnya mereka diminta untuk mewartakannya kepada bangsa lain. Bangsa terpilih itulah undangan yang telah ditentukan sebagaimana kita dengarkan dalam injil hari ini. Namun mereka menolak undangan itu dengan berbagai alasan. 

Dari sejak itulah, Kerajaan Allah diperuntukkan bagi semua orang, tidak lagi lewat bangsa terpilih. Perjamuan surga adalah perjamuan yang penuh sukacita, karena Tuhan Allah yang menjadi tuan pesta dan Dia sudah menyediakan jamuan yang memberi hidup kekal. Semua orang diundang untuk hadir dalam penjamuan sorga. Tuhan mengundang semua orang untuk masuk dalam Kerajaan Sorga untuk menikmati jamuan hidup kekal. Namun seringkali kita tidak menanggapi undangan Tuhan. Sama seperti orang-orang dalam perumpamaan ini, kitapun seringkali tidak menanggapi undangan Tuhan dengan alasan kesibukan pribadi kita. Kita merindukan ikut dalam undangan perjamuan surgawi tetapi kita tidak mau menanggapi undangan Tuhan. 

Dalam hal ini, kita bisa bandingkan dengan undangan Tuhan dalam perjamuan perayaan ekaristi. Perayaan Ekaristi adalah pencicipan perjamuan surgawi, Tuhan sendiri yang menjadi tuan pada perayaan Ekaristi, Dia mengundang kita dan Dia sudah mempersiapkan jamuan hidup kekal yakni diri-Nya sendiri dalam rupat komuni suci. Namun bagitu banyak umat yang tidak menanggapi undangan Tuhan untuk menghadiri perayaan Ekaristi. Banyak alasan yang dilakukan untuk menolak undangan itu, yakni kesibukan pribadi. Pada kenyataannya, orang lebih senang menghadiri pesta-pesta duniawi, lebih senang melaksanakan aktivitas atau hoby dibanding menghadiri undangan Yesus pada perayaan Ekaristi. 

Oleh sebab itu, hari ini kepada kita dikatakan bahwa Tuhan mengundang kita untuk masuk dalam perjamuan surgawi. Oleh sebab itu, mari kita menanggapi undangan Tuhan yakni dengan hidup seturut kehendak-Nya. Pencicipan perjamuan surgawi itu adalah perayaan Ekaristi. Dalam perayaan Ekaristi, Tuhan sendiri yang empunya pesta perjamuan, Tuhan sendiri yang mengundang kita, Dia sudah menyiapkan jamuan yang memberi hidup kekal yakni diri-Nya sendiri dalam rupa Tubuh dan darah-Nya, oleh sebab itu, baiklah kita menanggapi undangan Tuhan dengan menghadiri perayaan Ekaristi. Amin.

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)