Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

RENUNGAN HARIAN: PEKAN BIASA X (HARI RAYA HATI YESUS YANG MAHAKUDUS) Jumat 15 Juni 2012

RENUNGAN HARIAN: PEKAN BIASA X 
(HARI RAYA HATI YESUS YANG MAHAKUDUS) 
Jumat 15 Juni 2012 
Hos 11:1,3-4,8c-9, MT Yes 11:2-3,4-bcd,5-6, Ef 3:8-12,14-19, Yoh 19:31-37 

BACAAN INJIL: 
Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib, sebab Sabat itu adalah hari yang besar, maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan. Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air. Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya. Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: "Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan." Dan ada pula nas yang mengatakan: "Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam." 

RENUNGAN: “Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.” (Mat 5:8) Hati mempunyai peranan penting dalam hidup seseorang, sebab dari hatilah sumber perilaku seseoarang. Bila hatinya bersih, dia akan mengeluarkan perbendaharaan yang baik, sedangkan hati yang tidak bersih, akan mengeluarkan perbendaharaan yang tidak baik. Oleh sebab itulah Yesus mengatakan bahwa orang yang suci hatinya akan melihat Allah. Hari ini adalah hari Raya Hati Yesus yang Mahakudus. 

Hati Yesus yang Mahakudus jelas terpancar pada hidupnya yang senantiasa melakukan kehendak Allah dan mengasihi manusia sampai sehabis-habisnya. Sungguh hanya kehendak Allah lah yang ada dalam diri Yesus dan hanya menyeasihi manusialah yang ada dalam hati Yesus. Kekudusan hati Yesus juga nyata pada saat hatinya ditombak oleh serdadu ketika Dia disalib. Ketika serdaru itu menusuk jantung Yesus dengan tombak, keluarlah darah dan air dari jantung Yesus. 

Darah dan air adalah lambang sakramen bagi Gereja. Darah itu jelas melambangkan kasih Yesus yang sungguh luar biasa kepada manusia dan karena kasih-Nya itu Dia mencurahkan dara-Nya untuk menebus dosa-dosa manusia. Darah itu adalah penebusan Yesus atas manusia karena kasih-Nya. Air yang keluar melambangkan baptisan yang membersihkan kembali manusia menjadi anak-anak Allah. Sehingga sungguh nyata bagi kita akan kekudusan hati Yesus. Saat menderita sekalipun, Yesus tetap melakukan yang baik bagi manusia yang dikasihi-Nya. Walau menderita, penderitaan itu tidak membuat Dia tidak lagi mengasihi manuisa, itu karena hati Yesus sungguh mahakudus. 

Dengan perayaan ini, kita patut bersyukur bahwa kasih Allah tidak pernah berakhir, tidak ada yang bisa menghalangi kasih Allah kepada kita. Allah selalu membela dan melakukan hal yang baik kepada kita. Bahkan saat tergantung disalib sekalipun Yesus tetap menyatakan kasi-Nya kepada kita Namun dengan hari raya ini juga mengingatkan kita agar kita juga mengupayakan kekudusan hati kita. Memelihara kekudusan hati yakni dengan selalu berusaha melakukan kehendak Allah dalam hidup kita. Sebab dengan demikian kita akan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik. 

Orang yang hatinya selalu dipenuhi kehendak Allah, dia akan mengeluarkan perbendaharaan yang baik, yakni melakukan kehendak Allah dalam hidupnya. Bila hati kita senantiasa dipenuhi keinginan untuk melakukan kehendak Allah, kitapun akan sanggup mengalahkan penderitaan hidup atau penderitaan hidup tidak akan mengalahkan kita. Hati yang demikian akan selalu menguatkan kita untuk setia kepada Allah. Hati yang kudus atau bersih juga akan terungkap pada hidup yang rela berkorban bagi sesama dan membawa kesegaran bagi manusia. 

Darah dan air sama-sama sangat penting bagi tubuh manusia. Tubuh manusia pasti terdiri dari darah dan air. Sehingga dengan demikian, seperti hati Yesus yang mengeluarkan darah dan air, demikianpun kita harus mencurahkan darah dan air bagi sesama. Tentu kita tidak harus ditombak, tetapi hidup kita haruslah memberi kehidupan dan kesegaran bagi sesama. Amin.

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)