Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan. (2Kor 8:14

Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

Berita Keuskupan: VIKARIAT EVISKOPAL KEUSKUPAN AGUNG MEDAN

VIKARIAT EVISKOPAL KEUSKUPAN AGUNG MEDAN

ada Jumat 17 Juni 2011 yang lalu telah terjadi babak baru dalam Keuskupan Agung Medan. Keuskupan Medan yang selama ini dibagi atas beberapa DEWIL, tetapi mulai hari itu juga diganti mejadi keVikariatan. Hal ini sebenarnya bukan suatu hal yang baru, tetapi sesuatu yang sudah terdapat dalam Kitab Hukum Kanonik pasal 476 yang bernubyi, ...Uskup Diosesan dapat juga mengangkat seorang atau beberapa Vikaris ekiskopal.


KAM dibagi atas 9 Vikariat, yakni:

1 Vikariat Episkopal St. Petrus Rasul Medan-Katedralmeliputi paroki-paroki: paroki Katedral St. Maria, Paroki St. paulus pasar Merah, paroki St. Petrus Medan Timur, Paroki Kristus Raja Medan Kota, paroki St. Yohanes penginjii Mandala, paroki St. Konrad Martubung, paroki St. yoseph Delifua, paroki Gembala yang Baik Lubuk Pakam, dan Paroki St. Yoseph Tebingtinggi.

2. Vikariat Episkopalst Yohanes Rasul Medan-Hayamwuruk meliputi paroki-paroki: Paroki St. Antonius Hayam Wuruk, Paroki St. Fransiskus Assisi Padang Bulan, paroki St. Maria Tanjung Selamat, Paroki St. Padre Pio Helvetia, Paroki St. Maria pertolongan Abadi Binjai, dan Paroki St. paulus pangkalan Brandan.

3. Vikariat Episkopal St. Yakobus Rasul Kabanjahe meliputi paroki-paroki: Paroki St. Maria Jl. Letnan Rata Kabanjahe, Paroki St. Petrus dan Paulus Jl. Irian Kabanjahe, Paroki St. Fransiskus Asisi Berastagi, Paroki Sang Penebus Bandar Baru, Paroki St. Fransiskus Assisi Seribudolok, Paroki St. Yoseph Lawedesky, dan Paroki St. Fransiskus Asisi Tigabinanga.

4. Vikariat Episkopal St. Andreas Rasul Sidikalang meliputi paroki-paroki: Paroki St. Maria Pertolongan Orang Kristen Sidikalang, Paroki St. Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, Paroki Beato Dionysius Sumbul, dan Paroki St. Petrus dan Paulus Parongil.

5. Vikariat Episkopal Beato Dionysius dan Redemptus Banda Aceh meliputi Paroki Hati Kudus BandaAceh.

6. Vikariat Episkopal St. Paulus Rasul Pematangsianfar meliputi paroki-paroki: Paroki St. Laurensius Jl Sibolga, Paroki St. Josef Jl. Bali, Paroki Pastor Bonus Jl. Medan, Paroki St. Petrus dan Paulus Batu Lima, Paroki Kristus Raja Tanah Jawa, Paroki Krisrus Raja Perdagangan, Paroki St. Antonius Padua Tigadolok, dan Paroki St. Fidelis Parapat.

7. Vikariat Episkopal St. llateus Rasul Aekkanopan meliputi paroki-paroki: Paroki St. Pius X Aekkanopan. Paroki Sakramen Mahakudus Kisaran, Paroki St. Mikael Tanjungbalai. dan Paroki Fransiskus Assisi Aeknabara.

8. Vikariat Episkopal St. Filippus Rasul Doloksanggul meliputi paroki-paroki: Paroki St. Fidelis Doloksansgul. Paroki St. Lusia Parlilitan, Paroki St. Yohannes Pembaptis Pakkar Paroki St. Maria Tarurung, Paroki St. Konrad Lintongnihuta, Paroki St. Yoseph Balige. dan Paroki St Yosepseph Parsoburan.

9. Vikariat Episkopal St Thomas Rasul Pangururan meliputi paroki-paroki: Paroki St. lvlikael Pangururan Paroki St. Maria Klaret Tomok, Paroki St. Paulus Onanrunggu, dan Paroki St. FransiskusAssisi Palipi.

Kedudukan dan Vikep Saat ini:

Vikariat Episkopal berkedudukan di sembilan tempat yang telah ditetapkan oleh Uskup Agung Medan. yakni:

1. Vikariat Episkopal St. Petms Rasul Medan-Katedral berkedudukan di Jalan Pemuda No. l. Medan – No. 20153
Nama Vikep : Pastor Benno Ola Tage Pr

2. Vikariat Episkopai St. Yohanes Rasul Medan-Hayam Wuruk berkedudukan di Jalan Hayam Wuruk No. 1. Medan - 201 53.
Nama Vikep: Pastor Karolus Sembiring OFM.Cap

3. Vikariat Episkopal St. Yakobus Rasul Kabanjahe berkedudukan di Jalan Letnan Rata Perangingangin No. 13, Kabanjahe - 22114.
Nama Vikep : P. Ignatius Simbolon OFM.Cap

4. Mkariat Episkopal St. Andreas Rasul Sidikalang berkedudukan di Jalan Mergasilima No. 1, Sidikalmg - 22211.
Nama Vikep: P. Bernard Teguh O.Carm

5. Vikariat Episkopal Beato Dionysius dan Redemptus Banda Aceh berkedudukan di Jalan Ahmad Yani No. 2, Banda Aceh - 23 00 1 .
Nama Vikep: Pastor Michael Manurung OFM.Cap

6. Vikariat Episkopal St. Paulus Rasul Pematangsiantar berkedudukan di Jalan
Sibolga No. 2l, Pematangsiantar 2112 l.
Nama Vikep: Pastor Ramli Simarmata Pr.

7. Vikariat Episkopal St. Mateus Rasul Aekkanopan berkedudukan di Jalan Serma Maulana S No. 48, Aekkanopan - 21451 .
Nama Vikep: P. Hiasintus Sinaga OFM.Cap

8. Vikariat Episkopal St. Filippus Rasul Doloksanggul berkedudukan di Jalan Merdeka No. 47, Doloksanggl - 22457 .
Nama Vikep: Pastor Gabriel Madja SVD

9. Vkariat Episkopal St. Thomas Rasul Pangururan berkedudukan di Jalan Uskup Agung Sugiyopranoto No. 1, Pangururan - 22392.
Nama Vikep: Pastor Nelson Sitanggang OFM.Cap

Pelayanan VIKEP KAM

I. Ke dalam (ad Intra) Gereja

Mengambil iangkah-langkah yang perlu dan mengkoordinir secara terpadu pengembangan karya pelayanan pastoral se-Vikariat sesuai kebijakan KAM dan program KAM baik jangka menengah maupun jangka pendek (bdk. KHK Kan.555 S 1.1).

1. Membina dan mengawasi agar upacara-upacara keagamaan dirayakan menurut ketentuan-ketentuan liturgi suci; agar perhiasan dan keindahan gerejagereja dan perlengkapan suci, terutama dalam perayaan ekaristi dan penyimpanan sakramen Mahakudus dipelihara dengan saksama; agar buku-buku paroki diisi dengan tepat dan disimpan semestinya, demikian pula pengarsipan dokumendokumen; agar harta benda gerejawi diurus dengan teliti; dan akhirnya, agar pastoran dipelihara dengan sepantasnya (bdk. KHK Kan.555 91.3).

2. Mengatur agar para klerus di wilayahnya menghayati hidup yang pantas bagi statusnya dan memenuhi kewajibannya dengan cermat; termasuk dalam hal ini khususnyapemeliharaan dan peningkatan hidup rohani melalui doa offisi yang teratur,
rekoleksi berkala, dll. (bdk. KHK Kan. 555 1.2").

3. Melayani permohonan dispensasi daram vikariat masing-masing, selaku ordinaris wilayah, dengan memperhatikan norma-norma dasar untuk dispensasi dalam KHK, Kan.85-93 perihal Dispensasi dan Kan. 1078 perihal Dispensasi Perkawinan.

4. Memimpin upacara pemberkatan Gereja dalam wilayah vikariatnya, atau meminta Uskup untuk itu apabila dianggapnya perlu. Melantik Pastor Parok idan Pengurus Organisasi tingkat diwilayah vikariatnya. Dalam kasus khusus yakni: pastor paroki (yang sekaligus menjabat vikep) dilepaskan sebagai Pastor paroki atau, pastor Vikep diberi penugasan baru sebagai Pastor Paroki atau, Apabila Vikep pelantik berhalangan, maka pelantikan itu hendaknya dilaksanakan oleh Uskup atau oreh yang dikuasakan Uskup.

II. Ke luar (ad Extra) Gereja.

Membina dan mengembangkan kerja sama dengan pemerintah, instansi, lembaga, umat beragama lain dan masyarakat pada umumnya dalam vikariatnya.

BEBERAPA HAL UNTUK DILAMPIRKAN
UNTUK PENGAIUAN PERMOHONAN DISPENSASI KEPADA VIKEP

1. UNTUK DISPENSASI HALANGAN PERKAWINAN
Pada kolom ALASAN untuk dikabulkan : dapat disesuaikan kondisi sebenarnya
1. Ada harapan pihak bukan-katolik menjadi Katolik
2. Sulit menemukan pasangan lain
3. Bahaya menikah di luar Gereja Katolik
4. Mengesahkan perkawinan yang telah diteguhkan di luar Gereja Katolik
5. Pergaulan sudah terlalu erat, atau sudah tinggal serumah
6. Pihakwanita sudah mengandung
7. Pihak wanita sudah s;uperadulta.
8. Menghindari percekcokan dalam keluarga.
9. Calon mempelai miskin
10. Menghindari batu sandungan di tengah masyarakat
11. Mempelai telah berjasa besar bagi masyarakat/gereja

2. UNTUK PERMOHONAN DISPENSASI BEDA AGAMA

Mohon dilampirkan :
1. Foto copy surat fanji Pihak Katolik
2. Keterangan dua Saksi di bawah sumpah tentang Status Bebas pihak bukankatolik
3.UNTUK MOHON IZIN PERKAWINAN BEDA GEREJA
1. Foto copy Surat Janji pihak Katolik
2. Keterangan dua Saksi di bawah sumpah tentang Status Bebas pihak bukan-Katolik
3. Keterangan Baptis pihak bukan-Katolik.

0 komentar:

Poskan Komentar

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)