Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

Renungan Pesta Pembaptisan Tuhan : Minggu 9 Januari 2011

Renungan Pesta Pembaptisan Tuhan : Minggu 9 Januari 2011
Yes 42:1-4,6-7, Mzm 29:1a,2,3ac-4,3b,9b-10, Kis 10:34-38, Mat 3:13-17

“ Anak-anak Allah”

BACAAN INJIL:
Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."
Demikianlah Injil Tuhan bagi kita hari ini.

Pengantar

Syalom, para saudara yang dikasihi Tuhan! Hari ini kita semua bersama Gereja diajak untuk mengenangkan kembali makna pembaptisan kita semua. Pesta Pembaptisan Tuhan yang hari ini kita rayakan adalah peritiwa iman yang pernah kita alami ketika kita memutuskan menjadi pengikut Kristus. Iman kita akan Kristus ditandai dengan pembaptisan yang sama seperti yang dialami Kristus pada hari ini. Dengan pembaptisan kita semua dimasukkan menjadi keluarga Kerajaan Allah. Kita semua disatukan sebagai saudara Kristus sendiri sebagai anak-anak Allah. “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan." Seruan Allah Bapa inilah yang sampai saat ini patut kita syukuri. Pembaptisan kita semua adalah pembaptisan yang mempersatukan. Pembaptisan kita adalah tanda kasih Allah yang lebih dahulu mencintai kita. Dengan Roh Kudusnya kita diurapi dan dikuduskan.
Renungan
Dalam suatu kesempatan kemping, saya pergi dengan beberapa kawan berjalan kaki tanpa tujuan yang jelas sampai akhirnya memutuskan untuk meyusuri jalan setapak yang menuju air terjun atau coban. Air terjun itu memang tidak terlalu besar seperti air terjun kebanyakan, tetapi karena ketinggianya membuat air terjun ini tampak lebih indah. Hal pertama saya kagumi adalah bahwa kolam dasar air terjun itu memiliki dasar yang lumayan dalam. Dalam hati saya berpikir luar biasa ya air ini mampu membuat lubang pada cadas batu yang begitu keras. Meski air terjun ini kecil tetapi air yang ia alirkan mampu mengubah apa yang ada di dasarnya. Wow..wow…dasyat, luar biasa karya Tuhan in!

Para saudara kita semua tentunya sudah tidak asing lagi dengan air bukan? Air adalah hal yang mendasar dalam keseharian hidup kita. Air menjadi bagian utama dalam hidup kita. Air yang kita minum setiap hari, mandi, mencuci dan mencukupi kebutuhan setiap hari tanpa kita sadari adalah adalah hal yang amat biasa. Karena kita merasa bahwa air itu adalah hal yang amat biasa kadang kita kehilangan makna penting dari air itu. Air disatu sisi adalah penopang hidup kita, tetapi air juga mampu menjadikan malapetaka dalam hidup kita, banjir dan bencana longsor merupakan bagian dari ketidakbijaksanaan kita dalam memanfaatkan air. Betapa air dalam hidup kita sampai saat ini begitu berharga dan penting artinya.

Para saudara yang dikasihi Tuhan. Hari ini kita diajak untuk memaknai air yang sama yang kita jumpai setiap hari. Pembaptisan Yesus yang dilakukan di sungai Yordan merupakan persitiwa penting dalam kehidupan Yesus sebagai manusia. Saat itulah Allah menyatakan diri kepada Yesus sebagai putra tunggal yang dikasihiNya. Air yang digunakan dalam pembaptisan bukanlah air yang tidak memiliki arti apapun. Dalam pembaptisan air itu mengubah hidup kita. Air menandakan bahwa Roh Kudus mengurapai kita menjadi manusia baru. Dengan baptis, manusia dibebaskan dari dosa, dilahirkan kembali serupa sebagai anak-anak Allah serta digabungkan dengan Gereja setelah dijadikan serupa dengan Kristus oleh materai yang tak terhapuskan (bdk. Kan. 849). Unsur yang nampak di sini adalah bahwa kita juga disatukan dengan Kristus sebagai Anak Allah. Kristus telah tinggal dalam diri kita.

Pembaptisan bukan peristiwa biasa. Pembaptisan adalah peristiwa agung dimana kita semua menjadi anak-anak Allah. Sebagaimana air terjun itu melubangi dasar cadas dan megubah dasarnnya menjadi kolam yang dalam. Hidup kitapun oleh air dalam pembaptisan diubah menjadi baru, disucikan dan dikuduskan. Sebagaimana Yesus setelah dibaptis oleh Yohanes dinyatakan sebagai anak Allah dan menyatakan ketaatanya kepada Allah Bapa, demikianpun kita diminta melakukan yang sama. Pembaptisan kita menjadi tanda bahwa kita harus melaksanakan kehendak Allah Bapa, taat dan setia pada setiap perutusannya.
8 Januari 2011

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)