Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

RENUNGAN PEKAN V PRAPASKAH, Sabtu 31 Maret 2012

RENUNGAN PEKAN V PRAPASKAH, Sabtu 31 Maret 2012
(Luka-luka Mulia Yesus Kristus)
Yeh 37:21-28, MT Yer 31:10,11-12ab,13, Yoh 11:45-56

BACAAN INJIL:

Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya. Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu. Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata: "Apakah yang harus kita buat? Sebab orang itu membuat banyak mujizat. Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita." Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu, berkata kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa." Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu, dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai. Mulai dari hari itu mereka sepakat untuk membunuh Dia. Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim, dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya. Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu. Mereka mencari Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain: "Bagaimana pendapatmu? Akan datang jugakah Ia ke pesta?"

RENUNGAN:

Kesombongan akan melahirkan iri hati kepada orang lain dan iri hati akan membuat seseorang tidak mau menerima kebaikan yang ada dalam diri orang lain. Orang yang iri hati sebenarnya melihat apa yang dilakukan orang lain, tetapi tidak mau menerimanya dan bahkan akan melahirkan kecemuburuan serta mengkritik jelek perbuatan baik yang dilakukan oleh orang lain. Bahkan orang sombong dan iri hati bisa saja berusaha menyingkirkan orang yang dianggap menyaingi dirinya.

Baru-baru ini ketika beberapa pemimpin daerah atau partai PDIP mendukung dan bahkan ikut berdemonstrasi bersama massa untuk menolak kenaikan BBM, ada juga komentar orang yang mempersalahkan sikap para demonstran dan PDIP, ada pula yang mengatakan bahwa mereka itu mencari muka kepada rakyat. Padahal mungkin saja memang mereka punya niat baik untuk memperhatikan nasib rakyat. Namun umumnya orang memang seringkali lebih mudah berpikiran negatif atas perbuatan seseorang dibanding dengan berpikir positif apalagi mendukung perbuatan baik seseorang.

Orang-orang Yahudi dan orang-orang Farisi sepakat dan berencana mau menghabisi Yesus, bukan karena kejahatan yang diperbuat oleh Yesus, namun semata-mata jelas karena kesombongan mereka yang menganggap merekalah yang paling hebat. Kesombongan itu pula melahirkan kecemburuan dan kebencian kepada Yesus karena menganggap kehadiran Yesus sangat merugikan mereka, karena mereka takut bahwa akhirnya orang menjadi pengikut Yesus dan meninggalkan mereka sendiri. Sungguh aneh, jelas mereka melihat sendiri bahwa Yesus mewartakan kerajaan Allah dan dengan kehadiran diri-Nya adalah kehadiran Allah dan kerajaan Allah sendiri. Sehingga hal yang sangat wajar bila orang menjadi pengikut Yesus karena Dia adalah Allah dan dengan mengikuti Yesus orang sampai kepada Allah. Namun orang-orang Yahudi dan orang-orang Farisi tidak suka akan hal itu, malah mereka sepakat mau menghabisi Yesus. Mereka yang seharusnya mengajarkan orang supaya sampai kepada Allah, malah cemburu dan menghalangi orang sampai kepada Allah dengan mengikuti Yesus.

Namun walaupun demikian, Yesus tidak menghindar dari kejahatan mereka. Dalam hal ini memang Yesus kelak mati karena kecemburuan dan kejahatan orang-orang yang tidak menyukai Yesus, tetapi di balik semuanya itu, ada cinta Allah yang luar biasa, yakni Yesus siap menerima semua resiko karya keselamatan Allah. Dengan kematian itu, Yesus siap berkorban demi cinta kasih kepada manusia, tidak menghindarkan resiko kejahatan orang-orang yang membenci-Nya. Bahkan dengan kematian itu Yesus menjadi korban penebusan bagi manusia. Sehingga jelas bahwa dalam hal ini nyata kasih Allah yang sungguh luar biasa. Allah kita adalah bukan Allah yang penakut menghadapi resiko kematian karena kejahatan, Allah kita adalah Allah yang mau berkorban demi kasih kepada manusia. Dengan demikian, Allah kita sungguh mau mati demi manusia, maka bukan hal yang aneh bila kita percaya kepada-Nya bahwa Dia akan selalu memberkati dan menyelamatkan kita. Dengan kesadaran ini, iman kita hendaknya semakin diteguhkan.

Selain itu, belajar dan kejahatan orang-orang Jahudi dan orang-orang Farisi yang sombong, cemburu, iri hati membuat mereka malah menolak kehadiran Allah, tidak senang dan menghalangi orang sampai kepada Allah dengan mengikuti Yesus, malahan mereka mau menghabisi Yesus, ini mungkin juga bisa terjadi dalam kehidupan orang beriman. Bisa saja dan pasti ada terjadi seorang pemimpin agama atau seorang pengkotbah, pada kenyataanya seakan mewartakan kerajaan Allah dan ingin membawa orang mengenal dan bersatu dengan Tuhan, namun kenyataannya mereka mewartakan dirinya sendiri. Mungkin ada yang tanpa sadar menghalang-halangi orang percaya dan bersatu dengan Allah, tetapi seakan mengajak orang lain percaya bahwa hanya lewat dirinya Allah bekerja. Bukan suatu rahasia ada juga kelompok agama, gereja tertentu dan pemuka agama tertentu yang cemburu bila banyak orang mengikuti Yesus lewat gereja tertentu, sehingga sering mereka mencoba menarik jemaat lain agar mau mengikutinya. Memang kesannya baik, mereka mewartakan Yesus , seakan ajaran Yesus yang diajarkan dalam Gereja tertentu tidak benar, hanya di tempatnyalah yang benar. Maka seringkali ada orang yang mewartakan Yesus kepada orang yang jelas-jelas sudah mengimani Yesus dalam Gerejanya. Mereka itu sebenarnya bukan mewartakan Yesus tapi kelompoknya.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Pada dasarnya adalah kesombongan yang menganggap bahwa pikiran, pendapat dan apa yang dianutnya, itulah yang benar dan itu hendak dipaksakan kepada orang lain. Kesombongan yang berlebihan pada akhirnya akan membutakan kebenaran dalam diri orang lain dan pada akhirnya juga melahirkan rasa iri hati. Hal demikian juga kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Oleh karena itu, mari kita selalu bersikap rendah hati, karena kerendahan hati membuat kita terbuka pada kebaikan dalam diri sesama dan di sekitar kita. Kerendahan hati mendatangkan keselamatan. Amin.

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)