Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

“PERMENUNGAN MENGHADAPI RASA KECEWA”

“PERMENUNGAN MENGHADAPI RASA KECEWA”

“Sehubungan dengan permohonan Pastor, ....., dan setelah membicarakan dalam rapat khusus Pengurus Dewan Paroki Harian, maka dengan sangat menyesal dan rendah hati kami tidak dapat mengabulkan permohonan tersebut berhubung di Paroki kami saat ini juga sedang ada pembangunan kapel dan fasilitas karya pastoral lainnya.”

Kira-kira demikian balasan surat yang barusan kami terima, jawaban atas permohonan sumbangan dana untuk pembangunan Gereja Paroki Tigalingga yang kami mohonkan ke salah satu paroki besar di kota besar. Dalam proposal yang kami kirimkan, kami sertakan foto-foto perjuangan umat yang bergotong royong dalam membangun Gereja Paroki. Kami mengirimi porposal ke paroki ini karena kami lihat dan tahu bahwa paroki ini adalah paroki ini berada di kota besar, jumlah umat banyak dan juga umatnya banyak yang kaya. Kami sangat berharap bahwa paroki besar ini tentu paling tidak mampu memberi sumbangan dari dana paroki yang mereka miliki. Namun kiranya apa yang kami harapkan kandas dengan jawaban surat yang kami terima. Nadanya suratnya sangat sopan karena ada kalimat ‘sangat menyesal’ tidak bisa membantu. Alasannya mereka juga butuh dana untuk membangun kapel dan sarana pastoral di paroki itu. Alasan yang sangat halus dan memang logis. Mereka tidak bisa membantu satu paroki yang jangankan membangun sarana pastoral, Gereja paroki pun sulit untuk dibangun karena ketiadaan ekonomi umat dan kemiskinan paroki. Apakah memang mereka tidak punya sedikit dana untuk mereka berikan? Di paroki pedesaan membangun Gereja paroki sangatlah sulit mengingat ekonomi umat dan paroki yang miskin, juga karena akses mencari dana tambahan dari para donatur juga tentu sulit. Sedangkan di paroki besar, banyak peluang untuk membangun sarana pastoral karena umat yang kaya, dan banyak peluang-peluang lain.

Proposal yang sama juga kami kirimkan ke paroki-paroki besar dan dikota-kota besar, dengan harapan bahwa paroki besar dengan jumlah umat yang besar dan tingkat ekonomi yang lebih menguntungkan rela berbagi berkat dan sukacita dengan paroki atau umat katolik yang ada di pedesaan. Kami juga berpikir bahwa kalau bukan sesama Paroki, sesama umat katolik yang saling membantu, siapa lagi. Juga berpikir bahwa paroki yang lemah memohonkan bantuan kepada paroki atau umat yang lebih beruntung. Namun kiranya pikiran dan angan-angan juga kandas direrumputan. Sekali waktu seorang suster asal paroki mengantar proposal ke paroki yang dikenal besar dan kaya di kota Surabaya. Suster itu berpikir bila proposal diantar langsung dan memohonkan sedikit sumbangan, pasti akan dikabulkan. Proposal diterima dengan janji akan dibicarkan. Namun setelah beberapa minggu menunggu jawaban, suster langsung menemui pastor paroki di paroki itu, jawaban yang dia terima sungguh membuat dia terkejut karena katanya, karena hal ini sudah menyangkut antar keuskupan yakni keuskupan Surabaya dan Keuskupan Medan, maka harus ada ijin uskup. Si suter begitu terkejut mendengar jawaban itu, dia berpikir bahwa saat proposal diterima ada kata-kata harapan bahwa akan diberi sedikit sumbangan, karena yang menerima proposal mengatakan ‘akan dibcirakan’, namun jawabannya ‘tidak diterima dan tidak dikabulkan’. Dalam proposal jelas hanya memohon sedikit sumbangan dari paroki besar, bukan untuk mohon ijin untuk merayakan misa di paroki itu dalam rangka penggalangan dana yang memang harus mematuhi prosedur tersendiri yakni seijin uskup setempat. Hal ini sudah kami beritahukan sebelumnya kepada suster tersebut, tetapi ketika apa yang kami katakan terjadi, dia begitu kaget dan merasa malu serta juga kecewa. Beliau berpikir, “Apakah untuk memberi sumbangan kepada sesama katolik dan paroki lain walaupun beda keuskupan juga harus membutuhkan ijin uskup setempat?” Apakah berkat yang ada diparoki yang terdapat di kota besar, di tempat orang-orang kaya hanya bisa dinikmati oleh paroki itu sendiri atau umat yang ada di kesukupan itu sendiri? Apakah katolik di keuskupan tertentu beda dengan katolik yang ada di keuskupan lain? Jawaban yang diterima oleh suster tersebut juga kami terima dari jawaban salah satu paroki besar di Jakarta. Sehingga dapat dikatakan bahwa apa yang dikatakan di atas sudah menjadi fenomena yang mungkin terjadi saat ini.

Terkadang sesama umat berpikir sederhana bahwa katolik itu kuat bersatu, saling membantu, sehingga mereka sering mengatakan, “Pastor datanglah ke Jakarta, ke paroki-paroki yang ada di kota besar dan umatnya kaya-kaya, karena umat pasti mau membantu dan pasti banyak sumbangan yang akan diperoleh dari umat.” Ada pula yang mengatakan, “Umat di paroki kami banyak orang kaya yang baik dan dermawan, maka pastor kirim saja surat ke paroki dan merayakan misa di sana dan pasti umat akan menyumbang. Sumbangan yang didapatkan akan jauh lebih besar kalau hanya lewat internet atau FB.” Suatu niat baik dan ketulusan hati untuk membantu, namun kiranya umat kurang mengetahui bahwa untuk hal itu penuh dengan prosedur. Ketika mereka mendesak dan kami menerangkannya, mereka juga umumnya kaget. Walaupun kenyataan demikian, kami juga sebenarnya mencoba nasib, peruntungan dengan mengirimkan proposal dan permohonan ke paroki-paroki besar yang ada di kota-kota besar, namun hingga saat ini belum adalah balasan yang memuaskan dan kiranya belum ada satu paroki pun yang mau berbagi berkat dengan memberi sepeserpun sumbangan.

Apakah kami tersinggung dengan pengalaman, keadaan dan semua prosedur itu? Hampir dan sedikit. Pengalaman ini membuat kami berpikir nakal yakni kami paroki kecil, miskin dan sedang membutuhkan dana untuk melanjutkan pembangunan Gereja paroki, tetapi tetap mau berbagi berkat dengan orang lain. Kami katakan demikian karena beberapa kali kami menerima proposal dari paroki lain untuk pembangunan dan kegiatan tertentu, juga barusan ini mendapat undangan berslip yang mengahrapkan sumabngan, kami tetapi memberikan semampu kami, walaupun paroki adalah paroki kecil, miskin dan sedang membutuhkan dana untuk pembangunan Gereja. Kami berpikir bahwa berbagi dalam kekurangan, itu jauh lebih indah daripada berbagi dalam kelebihan. Namun ketika kami tidak mengalami hal yang sama, yakni ketika kami memohon dan mengharapkan dari paroki Katolik, muncullah rasa kecewa dan berkecil hati. Tetapi rasa kecewa hilang karena kami juga sadar bahwa memang paroki besar juga punya program besar yang membutuhkan dana besar sehingga belum bisa berbagi dengan paroki kecil. Juga sadar bahwa prosedur itu juga buat demi kebaikan bersama. Oleh karena itu kami berusaha melihatnya dengan hati dan kepala dingin, serta terutama dengan iman. Kami percaya apa yang kami alami adalah suatu ujian kesetiaan kami untuk tetap semangat dalam beriman walaupun kadang mengalami tidak seperti yang diharapkan. Kami juga disadarkan bahwa kami harus berharap dan menggantungkan diri pada Tuhan, bukan kepada manusia atau yang duniawi, karena Tuhan pasti tidak akan pernah mengecewakan umatnya. Kami juga yakin bahwa walaupun kami tidak mendapat uluran kasih dari yang sangat kami harapkan yakni paroki-paroki besar, atau dari orang yang sebenarnya mampu, tetapi Tuhan pasti memberi jalan lain lewar umat lain dan orang-orang yang mau membantu kami. Ini sudah kami alami sendiri, yakni hingga saat ini dari para Saudara yang sudah memberi sumbangan, tidak semuanya umat katolit, tetapi ada yang dari Gereja lain, bahkan ada umat islam.

Sebagai akhir kata dari coretan ini, kami mengatakan bahwa coretan ini bukan tujuan untuk menghakimi pihak tertentu, bukan pula sebagai ungkapan sakit hati atau kecewa, tetapi hanya sebagai ungkapan dan permenungan dalam menanggapi keinginan yang tidak sesuai dengan harapan. Maka bisa mengatakan agar kita tidak usah kecewa kalau kita mengalami sesuai dengan yang kita harapkan, bila keinginan kita tidak bisa dikabulkan oleh orang yang kita harapkan bisa membantu kita. Sebab Tuhan sendiri pasti akan memberi dan membuka jalan lewat orang lain, asal kita tetap setia, sabar dan hidup dalam iman. Semuanya akan indah pada waktunya.

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)