Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

RENUNGAN HARI BIASA: JUMAT 4 OKTOBER 2013

RENUNGAN HARI BIASA: JUMAT 4 OKTOBER 2013 
(Peringatan Wajib St. Fransiskus dr Assisi) 
Bar. 1:15-22; Mzm. 79:1-2,3-5,8-9; Luk. 10:13-16 

BACAAN INJIL: 
"Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Akan tetapi pada waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku." 

RENUNGAN: 
Berita terbaru yang kita dengarkan adalah bahwa ketua MK yakni Akil Mochtar tertangkap tangan oleh KPK pada malam tanggal 2 Oktober 2013 sedang menerima suap dari para penyuap. Pada saat itu juga ditangkap beberapa orang pelaku suap. Mereka langsung dimasukkan ke rutan KPK dan akan menjalani persidangan dan hukuman. Banyak usulan yang mengusulkan agar ketua MK itu diberi hukuman yang seberat-beratnya dan bahkan ada yang mengusulkan diberikan hukuman mati. 

Hidup mereka yang semula mapan, akhirnya berakhir dengan rasa malu, dicerca dan akhirnya berakhir di bui. Mereka tentu sudah banyak menyaksikan bagaimana akhir hidup para koruptor, yang mana semua itu menjadi peringatan bagi mereka agar tidak melakukan hal yang sama. Namun ternyata mereka yang dipercaya menduduki jaabatan terhormat malah melakukan tindak kejahatan menerima suap dan menyuap. Hidup mereka akhirnya celaka karena perbuatannya sendiri, meskipun mereka sudah mendapat jabatan terhormat dan sudah menyaksikan akhir hidup para koruptor. 

Hari ini juga dalam injil kita mendengar Yesus yang sungguh kesal dengan Khorazim dan Betsaida. Yesus mengatakan kedua kota ini celaka karena mereka sudah mendengarkan pengaharan tentang Kerajaan Allah dan sudah menyaksikan banyak mukjizat namun mereka tetapi hidup dalam kedosaan. Yesus berharap penduduk kota ini akhirnya bertobat namun ternyata tetap tidak bertobat. 

Yesus mengatakan penduduk kota ini celaka, bukan berarti Tuhan menghukum mereka sehingga hidup celaka. Tentu tidak. Yang dimaksud oleh Yesus adalah hidup mereka akan celaka karena perbuatan mereka yang sudah menyaksikan mukjizat tetapi tetap tidak mau bertobat dan hidup dalam kedosaan. Kedegilan hati mereka dan hidup dosa merekalah yang menjadikan mereka celaka, bukan karena dihukum oleh Tuhan. Kata celaka yang dimaksud oleh Yesus bukan sebagai kutukan tetapi ungkapan prihatin atas sikap penduduk kota itu. Sebab seharusnya dengan melihat banyak mukjizat, mereka harusnya bertobat. 

Keprihatinan Yesus yang ditujukan kepada penduduk Khorazim dan Betsaida hendaknya kita renungkan. Kita harus sadar bahwa Tuhan sudah memberikan berkat hidup kepada kita dan juga berkat yang perlu untuk kita selama kita hidup. Kita sudah merasakan kasih Tuhan. Namun apakah kita bertobat dan percaya kepada Dia? Namun kenyataannya kita yang sudah beroleh kasih dan berkat Tuhan belum mampu bertobat dan senantiasa percaya kepada Dia. 

Oleh sebab itu, ingatlah apa yang dikatakan oleh Yesus bahwa akibat dosa yang kita lakukan akan lebih besar dibanding dengan orang berdosa tetapi mereka melakukan demikian karena mereka belum mengenal Tuhan. 

Sebagaimana dalam injil hari ini, Yesus begitu kecewa terhadap penduduk kota Khorazim dan Betsaida karena mereka sudah menyaksikan banyak mukjizat namun tetap tidak bertobat dan kembali kepada Tuhan. Tuhan mengasihi kita dan memberikan rahmat dan berkat-Nya kepada kita dan menuntut kita harus bertobat, kembali dan percaya kepada Dia. Pertobatan dan percaya kepada Dia merupakan tuntutan yang harus kita lakukan, kalau tidak, kita akan mendapat celaka. Celaka bukan karena Tuhan yang membuat kita celaka dan menghukum kita, tetapi kedosaan itulah yang menjadikan kita celaka. 

Yesus memberi berkat dan seakan mengharapkan imbalan dari kita yakni pertobatan dan percaya kepada Dia. Apa untungnya bagi Tuhan? 

Yesus melakukan semuanya itu bukan untuk diri-Nya sendiri, bukan untuk cari keuntungan, hanya karena cinta yang luar biasa besar kepada kita dan sebab hanya pada Dia ada hidup bahagia dan kekal. Dia rindu dan mengharapkan manusia beroleh hidup bahagia dan kekal. Sebab tanpa manusia, Yesus tetap Tuhan Yang Mahakuasa, Mahakekal dan Mahakasih. Jadi jelas, pertobatan hidup dan percaya kepada Dia, demi hidup bahagia dan hidup kekal kita sendiri. Semoga kita hidup dalam pertobatan terus menerus.

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)