Mari Berbagi Berkat Tuhan

 photo UskupEmeritusKAMMgrPiusDautabra.jpg Photobucket

MENDAMBAKAN BERKAT TUHAN

SYALOM...SELAMAT DATANG.
"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."(2Kor 8:14)
"Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu." (Amsal 3:9)
"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?" (1 Yohanes 3:17)
Saya Pastor Paroki Maria dari Gunung Karmel Tigalingga, atas nama Panitia Pembangunan dan semua umat, memohon bantuan uluran kasih/dana untuk pembangunan Gereja Paroki. Kami sangat membutuhkan berkat Tuhan lewat uluran tangan dari para donatur.
Kami berharap dan berdoa Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan kepada kami untuk pembangunan Gereja ini yang adalah rumah Tuhan sendiri.
BRI 5379 Unit Tigalingga Sidikalang
No. Rekening : 5379-01-000112-50-8
Nama : PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK.
ATAU
BCA KCU MEDAN
NO.0222053453.
Atas Nama : ADYTIA PERMANA P.
(Adytia Permana P. adalah Romo Adytia Permana Perangin-angin O.Carm. Beliau dulu bertugas di Paroki Tigalingga, juga mengawali pembangunan ini, namun sekarang beliau bertugas di Keuskupan Agung Medan sebagai ekonom.Beliau kami minta buka rekening di BCA khusus untuk pembangunan ini, karena di daerah kami tidak ada BCA.)
Kami sangat senang bila sudah mentransfer persembahan, bapak/ibu/saudara/saudari memberitahukan ke kami melalui:
E mail ke :.
parokimariagk3lingga@yahoo.com
atau di SMS ke:.
Romo Anton Manik O.Carm : 081370836645
Romo Willy O.Carm : 081333837433
Untuk lebih jelasnya permohnan kami ini, Para Saudara dapat melihatnya di sini.... Sehubungan dengan Gambar pembangunan dapat melihatnya di sini....
Demikian kiranya Permohonan ini kami sampaikan. Atas dukungan, doa dan bantuan Bapak, Ibu dan Para Saudara-Saudari, kami mengucapkan banyak terima kasih.Berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin.
HORMAT KAMI:
Pastor Antonius Manik O.Carm

VARIA PAROKI

REKOLEKSI DAN AKSI PANGGILAN TELAH TERLAKSANA DENGAN SANGAT BAIK ;"> "APA YANG KAMU CARI?" (Yoh 1:38).
Puji syukur pada Tuhan, karena Rekoleksi dan Aksi panggilan untuk siswa-siswi Katolik Usia SMP dan SMA se-paroki Tigalingga sudah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan ini dihadiri hampir 400 orang anak. Semuanya dapat terlaksana hanya karena berkat Tuhan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua Saudara yang telah mendukung dan mendoakan kegaitan kami ini. Kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan menggunakan dana partisipasi peserta dan swadaya paroki, karena tidak mendapatkan bantuan dari donatur manapun, namun karena berkat Tuhan dan doa para Saudara, semuanya dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga dari antara anak-anak ini, kelak ada yang menjadi Imam dan biarawan-biarawati.
Photobucket
Tuhan memberkati kita.
Kegembiraan dan Persaudaraan
Photobucket
Hari Ulang tahun Romo Anton M.Carm yang seharusnya tanggal 15 Januari 2010, baru dirayakan hari Minggu Minggu 16 Januari 2011 lalu, bersama Romo-romo Karmel se-Dairi, bersama beberapa umat Paroki Tigalingga di Aula Paroki Tigalingga. Pada kesempatan itu, Rm. Bernad O.Carm, pastor paroki Sidikalang memberi kado ulang tahun yakni 20 sak semen untuk pembangunan Gereja dan Rm. Anton sendiri menyumbangkan semua hadiah ultah untuk pembangunan Gereja. Saat itu, hadiah uang yang diperoleh sebanyak Rp. 1.100.000,-. Lumayanlah untuk tambahan dana pembangunan Gereja. Trimakasih buat semuanya.
Saldo Pesta Pelantikan Pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma, 6-7 Nop. 2010.
Pada hari Kamis 18 Nopember 2010 telah diadakan Evaluasi dan pembubaran Panitia. Saldo dari kegiatan tersebut adalah Rp. 22.320.500 Acara ini dapat berjalan dengan baik karena partisipasi semua umat. Dana juga bisa Saldo karena umat menyumbangkan hasil-hasil pertanian mereka dengan harapan ada Saldo untuk pembangunan Gereja Paroki.Jadi selain dana partisipasi dari umat, juga umat menyumbangkan hasil pertanian yang dibutuhkan untuk mengurangi dana konsumsi. Syukur pada Tuhan, akhirnya memang ada saldo untuk dana pembangunan Gereja. Terimakasih kami ucapkan kepada semua umat Paroki, DPP, Para Panitia, Para Donatur dan siapa saja yang mendoakan dan mendukung kegitan ini. Yesus memberkati kita semua selalu. Amin.

Pelantikan Pengurus Gereja dan Sakramen Krisma

PEMBINAAN DAN PELANTIKAN PENGURUS GEREJA
SERTA PERAYAAN PENERIMAAN SAKRAMEN KRISMA SE- PAROKI
PAROKI ‘MARIA DARI GUNUNG KARMEL
Hari Sabtu s/ Minggu, 6-7 Nopember 2010
Di Gereja Patoki

PENGANTAR:

SALAM DAMAI YESUS KRISTUS.

Para Pengurus Gereja di stasi-stasi sangat berjasa dalam Pelayanan Gereja di paroki-paroki yang ada di Sumatera Utara.
Paroki Tigalingga terletak di sebuah pedesaan. Wilayah paroki Tigalingga tersebar di daerahnya meliputi lereng-lereng perbukitan. Jumlah stasi adalah 27 stasi dan 7 lingkungan. Ekonomi umat pada umumnya adalah ekonomi menengah ke bahwa. Paroki Tigalingga hanya dilayani 2 orang imam dan 1 orang Frater yang sedang menjalani masa pastoral. Jumlah imam yang hanya 2 orang tentu tidak dapat melayani semua stasi pada perayaan Ekaristi hari Minggu dan juga dalam pelayanan umat pada umumnya. Sehingga 1 stasi paling tidak bisa dilayani misa 1 kali dalam 2 bulan. Setiap hari Minggu manakala pastor tidak hadir dalam ibadat hari Mimggu, ibadat dipimpin oleh Para Pengurus Gereja Stasi. Pada dasarnya, para pengurus Stasi inilah yang membantu pastor dalam ‘penggembalaan umat di stasi-stasi. Kalau boleh dikatakan, para pengurus Gereja inilah yang menjadi motor utama dalam pelayanyan pastoral Gereja di stasi-stasi.

Pengurus Gereja adalah rekan kerja pastor dalam karya pastoral Gereja, mereka membantu para pastor di stasi-stasi tempat mereka tinggal dan di tempat lain manakala diperlukan. Para pengurus Gereja ini dipanggil dan diangkat oleh Gereja untuk ikut ambil bagian dalam karya pelayanan Pastoral yakni memelihara Iman Gereja dalam diri para umat, bahkan membantu umat untuk semakin memahami dan penghayati iman Gereja. Peranan mereka sangat diperlukan dalam karya pastoral, mengingat luasnya wilayah Paroki Tigalingga dan banyaknya stasi yakni 27 stasi. Dalam situasi demikian tentu pastor tidak dapat melayani semua stasi dengan efektif, sehingga peran pengurus Gerejalah yang membantu pastor dalam pelayanan di stasi-stasi.

Para pengurus Gereja dipilih dan diangkat dari kalangan umat sendiri. Mereka umumnya dari kalangan umat sederhana. Tugas sebagai pengurus Gereja adalah lebih merupakan pelayanan dan pengorbanan, tidak mendapat gaji. Mereka lebih digerakkan oleh iman untuk ambil bagian dalam pelayanan Gereja, bukan karena kemampuan dalam hal ekonomi dan pengetahuan akan iman. Gereja senantiasa mendampingi dan membina para pengurus Gereja agar pengorbanan dan pelayanan mereka di stasi-stasi sungguh sebagaimana yang diharapkan oleh Gereja.

Oleh karena itulah, kami merencanakan kegiatan pembinaan para pengurus Gereja se-paroki dan sekaligus pelantikan para pengurus periode 2010 s/d 2015. Pada puncak kegiatan pembinaan, sekaligus akan diadakan penerimaan Sakramen Krisma kepada umat se-paroki. Sebagaimana diketahui, sakramen Krisma adalah suatu kepenuhan diri seorang katolik, karena dengan menerima sakramen krisma, seseorang dimateraikan menjadi seorang katolik yang dianggap dewasa/matang dalam hal iman dan kepribadian seorang beriman.
Adapun kegiatan tersebut akan diadakan pada:

Hari: Sabtu s/d Minggu, 6 s/d 7 Nopember 2010
Tempat: Di Gereja Paroki TigalinggaBendahara Panitia
Bentuk Kegiatan: Sabtu: Pembinaan dan Masukan dari Vikjen yakni P. Harold Harianja OFM.Cap

Minggu: Perayaan Ekaristi bersama semua umat se-paroki Tigalinga,di dalamnya diadakan Pelantikan semua pengurus Gereja dan Penerimaan Sakramen Krisma dari Pator Vikjen.


Para Saudara yang dikasihi Tuhan. Dua kegiatan yang akan kami adakan ini adalah kegiatan besar yang membutuhkan biaya besar pula. Apabila dilihat dari kemampuan keuangan paroki Tigalingga yang merupakan paroki kecil, paroki tidak mampu atau tidak memiliki uang yang cukup untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Namun karena pentingknya pembinaan para pengurus Gereja dan penerimaan Sakramen Krisma, kami berupaya semaksimal mungkin menggalang dana dari partisipasi semua umat katolik dan stasi se-paroki Tigalingga. Namun setelah kami menghitung kemampuan umat dan kemungkinan pemasukan, tetapi masih tidak cukup untuk menutupi semua biaya untuk kegiatan yang kami rencanakan.

Oleh karena itulah, kami memohon dan sangat mengharapkan Para Saudara berkenan berbagi berkat Tuhan bersama kami dengan memberi bantuan untuk membantu biaya kegiatan tersebut. Berapapun dan dalam bentuk apapun bantuan Para Saudara, akan sangat berguna bagi kami, demi kemuliaan Tuhan, pasti berkenan di hadapan Tuhan dan Tuhan pasti akan melimpahkan berkat yang lebih besar kepada Para Saudara. Dalam proposal ini, kami akan sertakan susunan kepanitiaan dan rincian biaya yang kami butuhkan untuk kegiatan tersebut.
Demikianlah kiranya permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan bantuan Bapak, Ibu, Saudara-Saudari, kami ucapkan banyak terimakasih. Doa kami, semoga Tuhan senantiasa memberkati dan melimpahkan berkatnya kepada para Saudara.

Tigalingga, 1 Oktober 2010
Hormat kami:



ANDREAS R. SINULINGGAPOBER SILALAHI LIDIA BR. SIMANJUNTAK
Ketua PanitiaSekretaris PanitiaBendahara Panitia


Mengetahui dan turut memohon:


P. ANTONIUS MANIK O.CARM JANSEN GINTING BONAR SIANTURI
Pastor Paroki Ketua Pelaksana DPP Sekretaris DPP


SUSUNAN PANITIA PANITIA PEMBINAAN PARA PENGURUS GEREJA, PENERIMAAN SAKRAMEN KRISMA DAN PELANTIKAN PARA PENGURUS GEREJA KATOLIK PAROKI ‘MARIA DARI GUNUNG KARMEL’ TIGALINGGAKEUSKUPAN AGUNG MEDAN

Penanggungjawab: DEWAN PASTORAL PAROKI

: PASTOR PAROKI
Ketua Panitia : ANDREAS R. SINULINGGA
Sekretaris: POBER SILALAH
Bendahara: LIDIA BR. SIMANJUNTAK

: YETTY BR. BARUS

: BENDAHARA D. PASTORAL STASI
SEKSI-SEKSI
1. Seksi Liturgi: PASTOR YOAKIM LAKO O.CARM

: FRATER ARIS O.CARM

: ELENUS IMANUNGKALIT

: MUDIKA PAROKI
2. Seksi Tempat: DAMASUS TARIGAN

: JULIUS MALAU

: 2 ORANG DARI LINGKUNGAN KOTA
3. Seksi Acara: VIKTOR SIANTURI

: LINDUNG MALAU

: BUKIT SAMOSIR
4. Seksi Konsumsi : KARTINAH BR. TARIGAN

: WKRI TIGALINGGA

: 1 orang utusan stasi dan lingkungan
5. SEKSI DANA
- Ketua : MIAN SIMBOLON
- Anggota: 1. KARTINI BR. TARIGAN

: 2. BANDAR DOMUTUA SINURAT

: 3. Semua bendahara Stasi dan Lingkungan
6. Seksi Kesehatan: DR. INTAN SIGALINGGING
7. Seksi Keamanan: BAPAK PANJAITAN

: T. HALAWA
8. Seksi Dokumentasi: WALDEMAR MANALU
7. Seksi Dekorasi: FR. ARIS O.CARM dan Mudika paroki


Anggaran Biaya Krisma dan Pelantikan Pengurus
Dewan Pastoral Paroki Tigalingga Periode 2010 – 2015
Tangga 6 – 7 November 2010
No.KETERANGANJUMLAHDEBETKREDIT
1.Teratak dan Tenda4 uni
1.125.000
2.Sound System1 uni
1.120.000
3.Tikar untuk duduk12 buah
140.000
4.Spanduk dan Perlengkapanseadanya
500.000
5.Teks dan dekorasiSesuai Kebutuhan
700.000
6.KesehatanSesuai Kebutuhan
300.000
7.KeamananSesuai Kebutuhan
600.000
8.DokumentasiSesuai Kebutuhan
300.000
9.Makan Malam Para pengurus pada hari Sabtu sore400 orang
4.800.000
10.Minum Para pengurus pada hari Sabtu sore400 orang
800.000
11.Sarapan Para pengurus pada hari Minggu400 orang
4.800.000
12.Makan Siang bersama semua umat800 orang
9.600.000
13.Biaya untuk hadiah lomba membuat tulisan Sejarah Gereja Stasi

2.500.000
14.Biaya Transportasi

615.000
15.Sumbangan yang diharapakan dari partisipasi umat / 700 KK @ KK, 20.000 14.000.000
16.Sumbangan yang diharapakan dari partisipasi stasi 27 Stasi 2.800.000

JUMLAH KESELURUHAN
16.800.00026.500.000

JUMLAH KEKURANGAN
9.700.000


Kekurangan dana yang sangat kami butuhkan adalah sebanyak Sembilan Juta, Tujuh Ratus Ribu Rupiah (Rp. 9.700.000,-)

Demikianlah kiranya permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan bantuan Bapak, Ibu, Saudara-Saudari, kami ucapkan banyak terimakasih. Doa kami, semoga Tuhan senantiasa memberkati dan melimpahkan berkatnya kepada para Saudara.

0 comments:

Post a Comment

Syalom. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga Tuhan memberkati para Saudara.

 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan! (2Kor 8:14)